KEUTAMAAN MALAM NISFU SYA'BAN

MALAM NISFU SYA'BAN

Hadits-hadits tentang keutamaan malam Nisfhu Sya’ban disebutkan dalam Musnad Ahmad, al-Mu’jam al-Kabir karya Imam ath-Thabrani dan
Musnad al-Bazzar.

ﻳَﻄَّﻠِﻊُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﺰَّ ﻭَﺟَﻞَّ ﻋَﻠَﻰ ﺧَﻠْﻘِﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔَ ﺍﻟﻨِّﺼْﻒِ ﻣِﻦْ ﺷَﻌْﺒَﺎﻥَ ﻓَﻴَﻐْﻔِﺮُ ﻟِﺠَﻤِﻴﻊِ ﺧَﻠْﻘِﻪِ ﺇِﻻ ﻟِﻤُﺸْﺮِﻙٍ ﺃَﻭْ ﻣُﺸَﺎﺣِﻦٍ

“ Allah Swt memperhatikan para makhluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban. Ia mengampuni seluruh makhluk-Nya, kecuali musyrik dan orang yang bertengkar (belum berdamai)”.
Dinyatakan shahih oleh Syekh al-Albani dalam as-Silsilah ash-Shahihah , no. 1144.
Tabi’in Negeri Syam Menghidupkan Malam Nishfu Sya’ban.


ﻳﺬﻛﺮ ﺍﻟﻘﺴﻄﻼﻧﻰ ﻓﻰ ﻛﺘﺎﺑﻪ " ﺍﻟﻤﻮﺍﻫﺐ ﺍﻟﻠﺪﻧﻴﺔ " ﺝ 2 ﺹ 259 ﺃﻥ ﺍﻟﺘﺎﺑﻌﻴﻦ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺸﺎﻡ ﻛﺨﺎﻟﺪ ﺑﻦ ﻣﻌﺪﺍﻥ ﻭﻣﻜﺤﻮﻝ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻳﺠﺘﻬﺪﻭﻥ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻨﺼﻒ ﻣﻦ ﺷﻌﺒﺎﻥ ﻓﻰ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ، ﻭﻋﻨﻬﻢ ﺃﺧﺬ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺗﻌﻈﻴﻤﻬﺎ

Imam al-Qasthallani menyebutkan dalam kitab al-Mawahib al-Ladunniyyah , juz.II, hal.259, “Sesungguhnya kalangan Tabi’in negeri Syam seperti Khalid bin Ma’dan dan Mak-hul bersungguh-sungguh menghidupkan malam Nishfu Sya’ban dengan ibadah. Dari merekalah orang banyak mengambil pengagungan malam Nishfu Sya’ban.
Tabi’in itu termasuk kalangan Salaf, artinya sejak zaman Salaf telah ada pengagungan malam Nisfu Sya’ban.
Adapun tentang cara menghidupkan malam Nishfu Sya’ban, Imam al-Qasthallani melanjutkan,

ﺍﺧﺘﻠﻒ ﻋﻠﻤﺎﺀ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺸﺎﻡ ﻓﻰ ﺻﻔﺔ ﺇﺣﻴﺎﺋﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻟﻴﻦ ، ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ ﺃﻧﻪ ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺇﺣﻴﺎﺅﻫﺎ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ، ﻭﻛﺎﻥ ﺧﺎﻟﺪ ﺑﻦ ﻣﻌﺪﺍﻥ ﻭﻟﻘﻤﺎﻥ ﺍﺑﻦ ﻋﺎﻣﺮ ﻭﻏﻴﺮﻫﻤﺎ ﻳﻠﺒﺴﻮﻥ ﻓﻴﻬﺎ ﺃﺣﺴﻦ ﺛﻴﺎﺑﻬﻢ ﻭﻳﺘﺒﺨﺮﻭﻥ ﻭﻳﻜﺘﺤﻠﻮﻥ ﻭﻳﻘﻮﻣﻮﻥ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﻟﻴﻠﺘﻬﻢ ﺗﻠﻚ ، ﻭﻭﺍﻓﻘﻬﻢ ﺇﺳﺤﺎﻕ ﺑﻦ ﺭﺍﻫﻮﻳﻪ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﻭﻗﺎﻝ ﻓﻰ ﻗﻴﺎﻣﻬﺎ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﺴﺎﺟﺪ ﺟﻤﺎﻋﺔ : ﻟﻴﺲ ﺫﻟﻚ ﺑﺒﺪﻋﺔ، ﻧﻘﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺣﺮﺏ ﺍﻟﻜﺮﻣﺎﻧﻰ ﻓﻰ ﻣﺴﺎﺋﻠﻪ . ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻰ ﺃﻧﻪ ﻳﻜﺮﻩ ﺍﻻﺟﺘﻤﺎﻉ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﺴﺎﺟﺪ ﻟﻠﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﻘﺼﺺ ﻭﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ، ﻭﻻ ﻳﻜﺮﻩ ﺃﻥ ﻳﺼﻠﻰ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻓﻴﻬﺎ ﻟﺨﺎﺻﺔ ﻧﻔﺴﻪ ، ﻭﻫﺬﺍ ﻗﻮﻝ ﺍﻷﻭﺯﺍﻋﻰ ﺇﻣﺎﻡ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺸﺎﻡ ﻭﻓﻘﻴﻬﻬﻢ ﻭﻋﺎﻟﻤﻬﻢ .

Ulama negeri Syam berbeda pendapat tentang cara menghidupkan malam Nishfu Sya’ban, ada dua pendapat:
Pertama, dianjurkan menghidupkan malam Nisfu Sya’ban berjamaah di masjid. Khalid bin Ma’dan, Luqman bin ‘Amir dan tabi’in lain pada malam Nisfu Sya’ban itu memakai pakaian terbaik, memakai harum-haruman, memakai celak, mereka menghidupkan malam Nishfu Sya’ban di masjid. Imam Ishaq bin Rahawaih setuju dengan mereka dalam hal itu dan ia berkata tentang menghidupkan malam Nishfu Sya’ban di masid: tidak bid’ah. Demikian diriwayatkan oleh al-Kirmani dalam al-Masa’il .
Kedua , makruh berkumpul di masjid-masjid untuk shalat, kisah-kisah dan doa. Tidak makruh jika seseorang melaksanakan shalat secara khusus untuk dirinya sendiri. Ini pendapat Imam al-Auza’i imam, faqih dan ulama negeri Syam[1].
Pendapat Imam Ibnu Taimiah.

ﺇﺫَﺍ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟْﺈِﻧْﺴَﺎﻥُ ﻟَﻴْﻠَﺔَ ﺍﻟﻨِّﺼْﻒِ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﺃَﻭْ ﻓِﻲ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔٍ ﺧَﺎﺻَّﺔٍ ﻛَﻤَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﻔْﻌَﻞُ ﻃَﻮَﺍﺋِﻒُ ﻣِﻦْ ﺍﻟﺴَّﻠَﻒِ ﻓَﻬُﻮَ ﺃَﺣْﺴَﻦُ . ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟِﺎﺟْﺘِﻤَﺎﻉُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﺴَﺎﺟِﺪِ ﻋَﻠَﻰ ﺻَﻠَﺎﺓٍ ﻣُﻘَﺪَّﺭَﺓٍ . ﻛَﺎﻟِﺎﺟْﺘِﻤَﺎﻉِ ﻋَﻠَﻰ ﻣِﺎﺋَﺔِ ﺭَﻛْﻌَﺔٍ ﺑِﻘِﺮَﺍﺀَﺓِ ﺃَﻟْﻒٍ } : ﻗُﻞْ ﻫُﻮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺃَﺣَﺪٌ { ﺩَﺍﺋِﻤًﺎ . ﻓَﻬَﺬَﺍ ﺑِﺪْﻋَﺔٌ ﻟَﻢْ ﻳَﺴْﺘَﺤِﺒَّﻬَﺎ ﺃَﺣَﺪٌ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﺄَﺋِﻤَّﺔِ . ﻭَﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺃَﻋْﻠَﻢُ
Apabila seseorang melaksanakan shalat pada malam Nishfu Sya’ban sendirian atau berjamaah secara khusus seperti yang dilakukan beberapa kelompok Salaf, maka itu baik. Adapun berkumpul di masjid-masjid dengan shalat tertentu seperti berkumpul melaksanakan shalat seratus raka’at dengan membaca seribu kali surat al-Ikhlas secara terus menerus, maka itu bid’ah , tidak seorang pun dari para imam menganjurkannya.

Wallahu A'lam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian ABAJADUN

KHASIAT AYAT LIMA

Abajadun rumus kalah menang