MASALAH MENAMBAH LAFADZ SAYYIDINA SAAT MENYEBUT NAMA NABI MUHAMAD S.A.W
Akhir-akhir ini banyak orang yang dibuat resah oleh beredarnya buku FIQHUT TARJIH. Sebab banyak pendapat yang dianggap membingungkan oleh sebagian orang. Di antaranya keterangan pada halaman 166-167 buku tersebut yang melarang keras penggunaan lafadh “sayyidina” dalam bershalawat. Menurut buku tersebut : “Apabila kita sebut Muhammad itu dengan “sayyid” sama saja menganggapnya sebagai Allah. Maka tidak benar apabila menyebut Rasulullah dengan “sayyidina”, baik di dalam shalat atau di luar shalat. (Lihat : FIQHUT TARJIH terbitan PDM Klaten halaman : 167). Pendapat tersebut didasarkan kepada hadits riwayat Ahmad dan abu Dawud : السيد الله .
Untuk itu kami sebagai warga NU merasa perlu untuk menyampaikan tanggapan sebagai berikut.
Kata-kata “sayyidina” pada dasarnya merupakan ungkapan penghormatan kaummuslimin kepada Nabi saw. Allah swt memerintahkan kepada para shahabat, termasuk kita umat Islam, agar tidak memanggil Nabi saw dengan nama beliau semata, sebagaimana panggilan kepada sesama kita. Sebagaimana terkandung dalam firman-Nya dalam surat an-Nur ayat 63 :
Artinya : janganlah kamu jadikan panggilan rasul di antara kamu seperti panggilan sebagian kamu kepada sebagian ( yang lain ).”
Imam Qurthubi di dalam Kitab Tafsir al-Qurthubi Juz XII halamann 322 menukil pendapat Said bin Jubair dan Mujahid tentang maksud dari ayat tersebut sebagai berikut :
وقال سعيد بن جبير ومجاهد المعنى قولوا يارسول الله في رفق ولين ولاتقولوا يامحمد
Artinya :”Dan berkata Said bin Jubair dan Mujahid : Maknanya adalah ‘Katakan Wahai Rasulullah’ dengan suara pelan dan lembut dan janganlah kamu katakan ‘WahaiMuhammad’.”
Demikian pula keterangan dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir Juz III hal. 307 :
قال الضحاك عن ابن عباس يقولون يامحمد يا أبا القاسم فنهاهم الله عز وجل عن ذلك إعظاما لنبيه صلى الله عليه وسلم قال فقولوا يانبي الله يا رسول الله وهكذا قال مجاهد وسعيد بن جبير وقال قتادة أمر الله أن يهاب نبيه صلى الله عليه وسلم وأن يبجل وأن يعظم وأن يسود وقال مقاتل في قوله لا تجعلوا دعاء الرسول بينكم كدعاء بعضكم بعضا يقول لا تسموه إذا دعوتموه يامحمد ولا تقولوا يا ابن عبد الله ولكن شرفوه فقولوا يانبي الله يا رسول الله
Artinya :”Dlahhak berkata dari Ibnu Abbas : Mereka berkata wahai Muhammad, wahai Abul Qasim. Maka Allah melarang mereka dari hal tersebut, sebagai penghormatan bagi Nabi-Nya saw. Ibnu Abbas berkata : Katakanlah wahai Nabi Allah, wahai Rasulullah. Demikian pula pendapat Mujahid dan Said bin Jubair. -Qatadah berkata : Allah Memerintahkan agar Nabi-Nya saw diagungkan dan dituankan. Muqatil berkata tentang firman-Nya قوله لا تجعلوا دعاء الرسول بينكم كدعاء بعضكم بعضا , dengan kata-katanya : Jangan sebut namanya ketika kamu memanggilnya, ‘wahai Muhammad’, jangan katakan pula, ‘wahai anak Abdullah’. Tetapi mulyakanlah beliau. Maka katakanlah wahai Nabi Allah, wahai Rasulullah.”
Kalau seorang muslim menambahkan kata “sayyidina” sebelum mengucapkan nama beliau, dalam rangka penghormatan kepada beliau, sebagaimana yang Allah swt perintahkan, maka tidaklah pantas dianggap sebagai pembuat bid’ah yang wajib masuk neraka.
Apalagi beliau sendiri pernah mengungkapkan bahwa beliau adalah sayyidnya anak cucu Adam. Tentu dalam rangka menghormati beliau, apa salahnya kita melafalkan sayyidina saat menyebut nama beliau. Di dalam Kitab Shahih Muslim Juz 4 hal 1782 hadits nomor 2278 disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda :
أنا سيد ولد آدم يوم القيامة وأول من ينشق عنه القبر وأول شافع وأول مشفع
Artinya : “Aku adalah penghulu ( pemimpin ) anak Adam pada hari kiamat, yang pertama dibangkitan dari kubur, yang pertama memberi syafa’at dan yang pertama diterima syafa’atnya.”
Di dalam Kitab Shahih Bukhari Juz 4 halaman 1745 diriwayatkan pula bahwa beliau bersabda :
أنا سيد الناس يوم القيامة
Artinya : “Saya adalah penghulu ( pemimpin ) manusia pada hari kiamat.”
Imam Nawawi di dalam Kitab Syarah Shahih Muslim Juz 3 halaman 66 berkata :
قوله صلى الله عليه وسلم أنا سيد الناس يوم القيامة إنما قال هذا صلى الله عليه وسلم تحدثا بنعمة الله تعالى وقد أمره الله تعالى بهذا ونصيحة لنا بتعريفنا حقه صلى الله عليه وسلم قال القاضي عياض قيل السيد الذي يفوق قومه والذي يفزع اليه في الشدائد والنبي صلى الله عليه وسلم سيدهم في الدنيا والآخرة وإنما خص يوم القيامة لارتفاع السودد فيها وتسليم جميعهم له ولكون أولاده تحت لوائه صلى الله عليه وسلم
Artinya :”Sabda beliau saw أنا سيد الناس يوم القيامة ( aku adalah penghulu, pemimpin manusia di hari kiamat ), beliau katakan dalam rangka menceritakan nikmat Allah swt, yang Allah ta’ala memang telah perintahkan, serta sebagai nasihat bagi kita, agar kita tahu tentang hak beliau saw. Qadli Iyadl berkata : Sayyid adalah orang yang unggul di antara kaumnya dan menjadi tempat pelarian di kala keadaan susah payah. Dan Nabi saw adalah sayyid mereka di dunia dan akhirat. Bahwasanya dikhususnya pada hari kiamat, karena tingginya kepemimpinan beliau di sana dan ketundukan mereka semua kepada beliau, serta karena anak cucu Adam semua berada di bawah bendera beliau.”
Istilah sayyid bahkan sudah dipakai di kalangan shahabat beliau sebagai manifestasi penghormatan, baik kepada Rasulullah saw maupun kepada orang-orang yang memang pantas dihormati di kalangan para shahabat.
Di dalam kitab Sunan Ibnu Majah Juz I halaman 293 meriwayatakan hadist sebagai berikut :
عن عبد الله بن مسعود قال إذا صليتم على رسول الله صلى الله عليه وسلم فأحسنوا الصلاة عليه فإنكم لا تدرون لعل ذلك يعرض عليه قال فقالوا له فعلمنا قال قولوا اللهم اجعل صلاتك ورحمتك وبركاتك على سيد المرسلين وإمام المتقين وخاتم النبيين محمد عبدك ورسولك إمام الخير وقائد الخير ورسول الرحمة اللهم ابعثه مقاما محمودا يغبطه به الأولون والآخرون اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد اللهم بارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد
Artinya : Dari Abdullah bin Mas’ud dia berkata : Apabila kalian bershalawat atas Rasulullah saw maka baguskanlah shalawat kalian atas beliau. Karena kalian tidak mengerti barangkali shalawat kalian dihaturkan kepada beliau. Maka orang-orang berkata kepadanya (Ibnu Mas’ud): Maka ajarilah kami. Dia berkata : Katakanlah, ya Allah jadikan shalawat, rahmat dan barakahmu atas “sayyidnya” para rasul, imamnya orang-orang yang bertaqwa, dan pamungkas para nabi, Muhammad, hamba-Mu, utusan-Mu, pemimpin kebaikan, panutan kebaikan, rasul pembawa rahmat. Berilah beliau tempat yang terpuji yang diinginkan oleh orang-orang terdahulu dan terkemudian. Ya Allah berikan rahmat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana telah engkau berikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sungguh Engkau Yang Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah keberkahan atas Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana engkau berikan keberkahan atas Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sungguh Engkau Yang Maha Terpuji dan Maha Agung.”
Di dalam kitab Shahih Bukhari juz III halaman 1371 diriwayatkan :
كان عمر يقول أبو بكر سيدنا وأعتق سيدنا يعني بلالا
ِArtinya : “Umar berkata : Abu Bakar adalah “sayyid” kami dan memerdekakan “sayyid” kami yakni Bilal.”
Kesimpulannya, istilah “sayyid” berasal dari beliau sendiri dan juga pernah dipraktekkan oleh para shahabat sebagai ungkapan penghormatan baik kepada beliau maupun kepada sesama sahabat.
Oleh karena itulah maka para ulama menseyogyakan agar pada saat menyebut nama beliau baik di dalam maupun di luar shalat, didahului dengan kata “sayyidina”. Berikut ini adalah pendapat para ulama tentang keutamaan pengucapan kata “sayyidina” tersebut. Di antaranya :
a.Keterangan dalam Kitab Nailul Authar Juz II hal. 329 :
قال الأسنوي قد اشتهر زيادة سيدنا قبل محمد عند أكثر المصلين وفي كون ذلك أفضل نظر اه وقد روي عن ابن عبد السلام أنه جعله من باب سلوك الأدب وهو مبني على أن سلوك طريق الأدب أحب من الامتثال ويؤيده حديث أبي بكر حين أمره صلى الله عليه وآله وسلم أن يثبت مكانه فلم يمتثل وقال ما كان لابن أبي قحافة أن يتقدم بين يدي رسول الله عليه وآله وسلم وكذلك امتناع علي عن محو اسم النبي صلى الله عليه وآله وسلم من الصحيفة في صلح الحديبية بعد أن أمره بذلك وقال لا أمحو اسمك أبدا وكلا الحديثين في الصحيح فتقريره صلى الله عليه وآله وسلم لهما على الامتناع من امتثال الأمر تأدبا مشعر بأولويته
Imam Asnawi berkata : Menambahkan kata sayyidina sebelum kata Muhammad sungguh telah masyhur bagi kebanyakan orang yang menjalankan shalat. Ada suatu pendapat bahwa penambahan kata sayyidina tersebut lebih utama. Diriwayatkan dari Ibnu Abdis Salam bahwasanya beliau mengkategorikannya ke dalam klasifikasi pelaksanaan tata krama. Dan ia didasarkan pada argumentasi bahwa memegang tata krama lebih dicintai daripada menjalankan perintah. Hal itu dikuatkan oleh hadits Abu Bakar ketika mengabaikan perintah Rasulullah saw untuk menjadi imam menggantikan beliau, seraya berkata : Tidaklah pantas bagi anak Abi Quhafah untuk berdiri menjadi imam di hadapan Rasulullah saw. Demikian pula keengganan Ali untuk menghapus nama Nabi saw dari piagam perdamaian Hudaibiyah setelah diperintahkan oleh beliau seraya berkata : Saya tidak akan menghapus nama engkau untuk selama-lamanya. Kedua hadits tersebut terdapat dalam kitab shahih. Maka, persetujuan beliau kepada keduanya untuk tidak melaksanakan perintah sebagai wujud tata krama tadi, menyiratkan kelebihutamaannya.”
b.Keterangan dalam Kitab I’anatuth Thalibin Juz I hal. 169 :
وقوله وأن محمدا رسول الله الأولى ذكر السيادة لأن الأفضل سلوك الأدب وحديث لا تسودوني في صلاتكم باطل
Artinya :”Kata-katanya وأن محمدا رسول الله yang lebih utama adalah dengan mengucapkan sayyidina. Karena yang lebih utama adalah menjalankan etika. Sedangkan hadits لا تسودوني في صلاتكم (jangan engkau sayyid-kan aku di dalam shalatmu ) adalah bathil.”
c. Keterangan dalam Kitab Hasyiyah Bujairimy Juz I hal. 221 :
قوله على محمد والأفضل الإتيان بلفظ السيادة كما صرح به جمع لأن فيه الإتيان بما أمرنا به وزيادة الأخبار بالواقع فهو أفضل من تركه وأما حديث لا تسيدوني في الصلاة فباطل
Artinya :”Kata-katanya على محمد ( dalam shalawat ), yang lebih utama adalah mengucapkan kata siyadah ( sayyidina ). Sebagaimana penjelasan banyak ulama. Karena di dalamnya terkandung pelaksanaan dari apa yang diperintahkan kepada kita serta penambahan pemberitahuan tentang sesuatu yang nyata terjadi. Dan hal tersebut tentu lebih utama daripada meninggalkannya. Adapun hadits لا تسيدوني في الصلاة adalah bathil.”
d.Penjelasan Imam Nawawi dalam Kitab Nihayatuz Zain Juz I hal. 71:
وأقل الصلاة على النبي وآله اللهم صل على محمد وآله والأكمل أن يقول اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد والأفضل الإتيان بلفظ السيادة
Artinya :”Membaca shalawat minimalnya adalah اللهم صل على محمد وآله. Sedangkan yang lebih sempurna adalah kata-katamu اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد . Sedangkan yang lebih utama adalah mengucapkan lafadh siyadah ( sayyidina ).”
e. Keterangan dalam Kitab Ad-Durrul Mukhtar ( fiqh Madzhab Hanafi ) Juz I hal. 514 :
وندب السيادة لأن زيادة الإخبار بالواقع عين سلوك الأدب فهو أفضل من تركه ذكره الرملي الشافعي وغيره وما نقل لا تسودوني في الصلاة فكذب وقولهم لا تسيدوني بالياء لحن أيضا والصواب بالواو
Artinya :”Disunatkan membaca “sayyidina” karena menambahkan pemberitahuan tentang sesuatu yang nyata terjadi adalah manifestasi dari menjalankan etika. Dan hal itu dalah lebih utama daripada meninggalkannya. Imam Ar-Ramli As-Safi’i serta lainnya menuturkan bahwa nukilan hadits لا تسودوني في الصلاة adalah kebohongan. Dan kata-kata mereka لا تسيدوني dengan menggunakan ي ( ya ) adalah kesalahan pengucapan juga. Sedangkan yang benar adalah menggunakan و ( wawu ).”
Adapun pendapat yang mengatakan bahwa apabila kita sebut Muhammad dengan “sayyid” sama saja menganggapnya sebagai Allah adalah pendapat yang sangat jelas kesalahannya, berdasarkan berbagai hujjah berikut ini :
1. Firman Allah swt di dalam Surah Ali Imran : 39, yang artinya kurang lebih demikian:
Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakaria, sedang ia tengah berdiri melakukan salat di mihrab (katanya): “Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang putramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi sayyid ( ikutan ), menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang saleh.” (Ali Imran : 39 )
Mengomentari ayat ini Imam al-Qurthubi di dalam kitab tafsir al-Qurthubi Juz IV halaman 77 berkata :
ففيه دلالة على جواز تسمية الإنسان سيدا كما يجوز أن يسمى عزيزا أو كريما كذلك روي عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال لبنى قريظة قوموا إلى سيدكم وفي البخارى ومسلم أن النبي صلى الله عليه وسلم قال في الحسن إن ابني هذا سيد ولعل الله يصلح به بين فئتين عظيمتين من المسلمين
Artinya : “Di dalamnya (ayat ini) terdapat petunjuk diperbolehkannya menamakan manusia dengan “sayyid”, sebagaimana diperbolehkannya menamakan “aziz” dan “karim”. Demikian pula diriwayatkan dari Nabi saw bahwasanya beliau bersabda kepada Bani Quraidhah : “Berdirilah kalian menuju kepada “sayyid” kalian. Dan diriwayatkan di dalam shahih Bukhari dan Muslim bahwasanya beliau bersabda tentang Al-Hasan (cucu beliau) : Sesungguhnya cucuku ini adalah “sayyid”, dan semoga Allah mendamaikan dengannya, dua kelompok besar dari kaum muslimin.”
Di dalam Tafsir Ahkamul Qur’an Juz II halaman 292 Imam al-Jashshash berkata :
وقوله تعالى وسيدا وحصورا ونبيا من الصالحين يدل على الله تعالى يجوز أن يسمى بهذا الاسم لأن الله تعالى سمى بيحي سيدا والسيد هو الذي تجب طاعته وقد روي عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال للأنصار حين أقبل سعد بن معاذ للحكم بينه وبين بني قريظة قوموا إلى سيدكم وقال صلى الله عليه وسلم للحسن إن ابني هذا سيد وقال لبني سلمة من سيدكم يا بني سلمة قالوا الحر بن قيس على انا نبخله قال واي داء أدوى من البخل ؟ ولكن سيدكم الجعد الأبيض عمرو بن الجموح فهذا كله يدل على أن من تجب طاعته يجوز أن يسمى سيدا
Artinya : Firman Allah ta’ala وسيدا وحصورا ونبيا من الصالحين menunjukkan bahwa Allah ta’ala membolehkan memberikan nama dengan nama ini. Karena Allah ta’ala menamakan Yahya dengan “sayyid”. Sayyid adalah orang yang wajib dipatuhi. Dan sungguh diriwayatkan dari Nabi saw bahwa beliau berkata kepada kaum anshar – ketika menghadap Sa’ad bin Mu’adz untuk menghakimi antara dia dan Bani Quraidhah : “Berdirilah kalian (untuk menghormati ) “sayyid” kalian. Dan beliau saw bersabda kepada Hasan : “Sesungguhnya cucuku ini adalah “sayyid”. Dan beliau bersabda kepada Bani Salamah : “Siapa “sayyid” kalian wahai Bani Salamah ? Mereka berkata : Harru bin Qais tetapi kami menganggapnya orang yang bakhil. Beliau bersabda : “Dan adakah penyakit yang lebih menyakitkan dari pada bakhil ? Tetapi “sayyid” (yang pantas) bagi kalian adalah Amr bin Jamuh. Semua ini menunjukkan bahwa orang yang wajib ditaati boleh dinamakan “sayyid”.
Kalau setiap kata sayyid berkonotasi Allah seperti kata mereka, maka ayat di atas berarti bahwa Allah swt menjadikan Yahya sebagai Allah. Penafsiran yang sangat tidak masuk akal.
2. Firman Allah swt di dalam surah Yusuf : 25, yang artinya kurang lebih demikian:
Artinya : “Dan keduanya berlomba-lomba menuju pintu dan wanita itu menarik baju gamis Yusuf dari belakang hingga koyak dan kedua-duanya mendapati sayyid ( suami ) wanita itu di muka pintu. Wanita itu berkata: “Apakah pembalasan terhadap orang yang bermaksud berbuat serong dengan istrimu, selain dipenjarakan atau (dihukum) dengan azab yang pedih?” ( Yusuf : 25 )
Kalau setiap kata sayyid berarti Allah seperti kata mereka, maka ayat di atas menerangkan bahwa ketika Zulaikha mengejar Yusuf as mereka berdua bertemu Allah di muka pintu. Hal yang sangat lucu dan tidak masuk akal.
Padahal yang benar adalah sebagaimana keterangan di dalam kitab Fathul Qadir Juz III halaman 18 sebagai berikut :
وألفيا سيدها لدى الباب أي وجدا العزيز هنالك وعنى بالسيد الزوج
Artinya : “dan kedua-duanya mendapati sayyid ( suami ) wanita itu di muka pintu. Yakni keduanya mendapati al-Aziz di sana. Dan Allah memaksudkan “sayyid’ dengan suami ( az-zauj ).
3. Sabda Rasulullah saw dalam Shahih Muslim Juz I halaman 184 :
أنا سيد الناس يوم القيامة
Artinya : “Aku adalah sayyidnya manusia pada hari kiamat.”
Apabila setiap kata sayyid berkonotasi Allah, maka berarti Rasulullah saw mengangkat dirinya sebagai Allahnya manusia pada hari kiamat.
4. Di dalam Shahih Muslim Juz IV halaman 1782 Rasulullah saw bersabda :
أنا سيد ولد آدم يوم القيامة وأول من ينشق عنه القبر وأول شافع وأول مشفع
Artinya : “Aku adalah “sayyid”nya anak Adam pada hari kiamat, yang pertama dibangkitkan dari kubur, yang pertama member syafa’at dan yang pertama diterima syafa’atnya.”
Sekali lagi, apabila setiap kata sayyid berkonotasi Allah, maka berarti Rasulullah saw mengangkat dirinya sebagai Allahnya manusia pada hari kiamat.
5. Di dalam Shahih Bukhari Juz II halaman 962 Rasulullah saw bersabda :
ولقد سمعت أبا بكرة يقول رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم على المنبر والحسن بن علي إلى جنبه وهو يقبل على الناس مرة وعليه أخرى ويقول إن ابني هذا سيد ولعل الله أن يصلح به بين فئتين عظيمتين من المسلمين
Artinya : “Sungguh akau mendengar Abu Bakrah berkata : Aku melihat Rasulullah saw di atas mimbar, sedangkan Hasan bin Ali ada di samping beliau dan beliau menghadap orang banyak suatu saat dan pada saat yang lain menghadap kepadanya (Hasan). Dan beliau bersabda : Sesungguhnya cucuku ini adalah “sayyid”, dan semoga Allah mendamaikan dengan dia, dua kelompok besar dari kaum muslimin.”
Jika setiap kata sayyid berkonotasi Allah, maka berarti beliau menganggap cucunya sendiri sebagai Allah. Hal yang sangat mustahil. Yang lebih tepat dimaknai dengan “pemimpin”.
Di dalam Sunan At-Tirmidzi Juz V halaman 656 dan Sunan Ibnu Majah Juz I halaman 44 Rasulullah saw bersabda :
الحسن والحسين سيدا شباب أهل الجنة
Artinya : “Hasan dan Husain kedua-duanya adalah “sayyid”nya para pemuda penghuni sorga”.
سيدا شباب أهل الجنة di sini lebih tepat dimaknai dengan “pemimpin” para pemuda penghuni sorga, bukan Allahnya para pemuda ahli sorga.
Oleh karena itu sabda Rasulullah saw : السيد الله tidak boleh difahami secara parsial ( terpisah dari dalil-dalil nash yang lain ) dan harus difahami dalam konteks yang utuh dengan sababul wurudnya. Bunyi utuh hadits tersebut adalah sebagai berikut :
عن مطرف قال قال أبي أنطلقت في وفد بني عامر إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقلنا أنت سيدنا فقال السيد الله تبارك وتعالى قلنا وأفضلنا فضلا وأعظمنا طولا فقال قولوا بقولكم أو بعض قولكم ولا يستجرينكم الشيطان ( رواه أحمد ورواه النسائي وأبو داود )
Artinya : “Dari Mathraf berkata : Bapakku berkata: Aku bepergian bersama-sama dengan utusan Bani Amir menghadap Rasulullah saw. Lalu kami berkata : Engkau adalah “sayyid” kami. Maka beliau bersabda : Sayyid (yang sebenarnya) adalah Allah tabaraka wa ta’ala. Kami berkata lagi : (dan engkau adalah) yang paling utama di antara kami dan paling agung pemberiannya. Maka beliau berkata : Berkatalah kalian dengan kata-kata kalian atau sebagian kata-kata kalian sendiri dan sekali-kali janganlah syaitan menjadikan kalian banyak berjalan pada jalannya.” ( HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Abu Dawud )
Imam Muhammad Syamsul Haqq al-Adhim Abady Abu Thayyib di dalam kitab ‘Aunul Ma’bud Juz XIII halaman 111 memberikan penjelasan sebagai berikut :
قال أبي هو عبد الله بن الشخير فقال السيد الله أي هو الحقيق بهذا الاسم قال القاري أي الذي يملك نواصي الخلق ويتولاهم هو الله سبحانه وهذا لا ينافي سيادته المجازية الإضافية المخصوصة بالافراد الانسانية حيث قال أنا سيد ولد آدم ولا فخر أي لا أقول افتخارا بل تحدثا بنعمة الله وإلا فقد روى البخاري عن جابر أن عمر كان يقول أبو بكر سيدنا وأعتق سيدنا يعني بلالا
Artinya : “Al-Mundziri berkata : Ayahku, Abdullah bin Syukhair berkata السيد الله yakni Dialah Allah yang sungguh berhak menyandang nama ini (sayyid). Al-Qari berkata : Yakni yang memiliki setiap makhluk dan mungausainya adalah Allah swt. Dan hal ini tidak menafikan “siyadah” beliau yang bersifat majaziyyah” ( kepemimpinan, pertuanan dalam arti kiasan ) yang disandarkan secara khusus kepada sifat kemanusiaan; ketika beliau saw bersabda : “Saya ( Nabi saw ) adalah “sayyid” nya anak Adam, tanpa membanggakan diri sendiri” yakni aku tidak berkata karena membanggakan diri tetapi karena menceritakan kenikmatan dari Allah. Bahkan Imam Bukhari meriwayatkan hadits dari Jabir, bahwa Umar berkata : Abu Bakar adalah “sayyid” kami dan memerdekakan “sayyid” kami, maksudnya adalah Bilal.
Di dalam kitab al-Furu’ Juz III halaman 415 diterangkan sebagai berikut :
قال ابن الأثير في قوله السيد الله أي الذي تحق له السيادة كأنه كره أن يحمد في وجهه وأحب التواضع
Artinya : “Ibnu Al-Atsir berkata tentang sabdanya saw : السيد الله yakni yang nyata baginya sifat pertuanan ( as-siyadah ). Tampaknya beliau tidak senang dipuji di hadapan beliau dan suka dengan sikap tawadlu’ (merendahkan diri).
Kesimpulan dari tanggapan kami di atas adalah :
Menambahkan lafadh sayyidina ketika membaca shalawat kepada Nabi saw adalah manifestasi dari etika seorang muslim kepada nabinya, yang memang diseyogyakan menurut banyak ulama. Meskipun tanpa sayyidina pun tidak berdosa.
Sabda beliau السيد الله dalam hadits tersebut tidak boleh difahami secara parsial sehingga seolah-olah beliau melarang menyandarkan kata sayyid atau sayyidina kepada selain Allah. Hadits tersebut hanya merupakan ekspresi dari ketidaksukaan beliau dipuji di hadapan beliau dan ekspresi dari sifat tawadlu’ beliau.
Kata-kata “sayyid” ada yang memiliki makna haqiqi sebagaimana dalam hadits السيد الله , tetapi banyak pula yang bermakna majazi. Sayyid dalam maknanya yang majazi ini boleh disandarkan kepada manusia, sebagai ungkapan penghormatan.
Mengkonotasikan kata sayyid dengan Allah secara mutlak, merupakan tafsir yang sangat keliru dan bertentangan dengan dalil-dalil nash yang sharih. Apabila setiap kata sayyid harus dikonotasikan dengan Allah, sebagaimana pemahaman sebagian orang terhadap hadits السيد الله , maka bertentangan dengan banyak dalil-dalil nash yang lain.
Apakah masuk akal seandainya Allah mengangkat Yahya sebagai Allah; menegaskan bahwa Yusuf dan Zulaikha bertemu dengan Allah di muka pintu; pada hari kiamat Rasulullah saw mengangkat dirinya sebagai Allah, mengangkat cucunya (Hasan dan Husain) sebagai Allah-nya pemuda penghuni sorga; mengangkat Hasan sebagai Allah yang akan mendamaikan dua golongan kaum muslimin; dan mengangkat Amr bin Jamuh sebagai Allah-nya Bani Salamah ? Na’udzubillahi min dzalik !
Demikian tanggapan ini disampaikan sebagai upaya saling menasehati dan mengingatkan di antara sesama Saudara muslim, serta sebagai upaya menjernihkan kegalauan hati warga Nahdlatul Ulama. Wallohu a’lam bishshowab.
Komentar
Posting Komentar